English Dormitory At MTsN Kebumen 1

Saturday, June 11, 2011 until Monday, June 13, 2011 at MTsN Kebumen 1 an activity carried out under the name English Dormitory Program which was attended by all learners Fullday school program classes 7 and 8. Activity was opened by Bp. Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed. In his speech he said that this program aims to train and familiarize the ability to speak with english language learners especially Fullday school program in their daily activities, especially during these activities take place.

More information………..

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris

“What is your dream?” tanya Rusdiyanto, S.Pd. guru Bahasa Inggris MTs Negeri 1 Kebumen kepada Arsyadun Nafis saat pembukaan program English Dormitory siswa Full Day School (FDS) MTs Negeri 1 Kebumen. Nafis hanya diam dan menjawab “bingung” ketika  ditanya kembali. Namun kondisi yang  jauh berbeda terjadi ketika siswa kelas 8 A ini memerankan tokoh Kyai Gede Penanggungan dalam drama berjudul “the legend of Pari Temple” pada acara penutupan program.  Ia mampu berbahasa Inggris dengan fasih. Bahkan terpilih sebagai “the third active speaker” setelah Shavi Nahayan dan Hanna Hanifah. Regunya pun meraih juara ketiga dalam lomba cerdas cermat Bahasa Inggris.

English Dormitory merupakan program peningkatan kemampuan bahasa Inggris bagi siswa kelas FDS yang dilaksanakan setelah ulangan kenaikan kelas. Kegiatan tersebut dimulai sejak Sabtu hingga Senin,  11 – 13 Juni 2011. Semua siswa menginap diasrama. Mereka dibagi dalam enam kelompok dengan bimbingan enam instruktur dan enam pendamping. Selama 3 hari mereka diwajibkan berbahasa Inggris. Apabila, melanggar mereka mendapat hukuman untuk menghafal atau berbicara di depan peserta lainnya dalam bahasa Inggris. Sebelum kegiatan dimulai, semua siswa mendapat buku panduan yang berisi jadwal kegiatan, contoh ungkapan, dan berbagai kosa kata yang harus dihafalkan. Mereka juga diizinkan membawa kamus untuk mencari kata yang diinginkan.

Antusias

Selain drama dan cerdas cermat, metode lain yang digunakan yaitu game, tutor sebaya, simulasi, dan praktik lapangan. Gabungan beberapa metode tersebut membuat siswa antusias dalam belajar. Melalui drama dapat mempraktikan percakapan berbahasa Inggris. Selain itu, siswa juga menjadi lebih aktif dalam belajar. Mulai proses penyusunan skenario sampa pertunjukan siswa dituntut untuk menemukan sendiri kata dan maknanya. Mereka berlatih menyusun dan mengucapkan kalimat dengan baik. Metode drama pun dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Sedangkan metode simulasi digunakan untuk menjelaskan tentang “shoping”. Semua peserta menggunakan “uang mainan” untuk transaksi. Mereka bergantian memerankan diri sebagai penjual dan pembeli. Sedangkan praktik lapangan dilakukan pada Senin pagi. Peserta berjalan mengelilingi kota Kebumen untuk memperkaya penguasaan kosa kata yang ada di sekitar mereka. Selain itu, peserta juga dilatih untuk memahami bagaimana menjelaskan arah perjalanan dengan baik.

Menurut Kepala MTs Negeri 1 Kebumen, Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed. bahasa adalah kebiasaan. Jika terbiasa dengan bahasa Inggris maka seseorang akan mahir menggunakannya. Pembiasaan bahasa, bukan hanya dilakukan dengan membaca, tetapi juga mendengar, dan berbicara. Oleh karena itulah program tersebut dilaksanakan agar siswa FDS dan guru pembimbingnya lebih mahir dalam berbahasa Inggris.  “Agar seseorang mahir berbicara, maka ia harus terbiasa mendengar kata tersebut sehingga mampu memahami pembicaraan orang lain,” katanya.

Alumni Program Magister Kurikulum Masson University Amerika  Serikat ini berharap, kebiasaan berbahasa Inggris bukan hanya dalam tiga hari ini, tetapi berlangsung setiap hari. “Kegiatan ini hanya awal pembiasaan. Jangan takut salah. Hanya praktik, praktik, dan praktikan untuk mahir berbahasa Inggris,” pesannya lebih lanjut.

About Pak Wied

Teacher

Posted on Juni 11, 2011, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. yeah…I’m in line with you mr. Widodo, i think its make me better than before… after I tried and tried practice English …I must CAN…

    (“,)

    • ok thank for your comment in ED. I hope you don,t dissappointed and discouraged with counditional on madrasah.
      my be you can get more and more, better than that you want. … god luck n thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: